Images

Bangsa Arab


SIROH NABAWIYAH

*ARROHIIQUL MAKHTUUM*

Pada hakikatnya, istilah Siroh Nabawiyah merupakan ungkapan tentang yang dibawa Rasululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam kepada masyarakat manusia untuk mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya, dari penyembahan terhadap hamba kepada penyembahan terhadap Alloh. Jadi tidak mungkin bisa menghadirkan gambaranya secara pas dan mengena kecuali setelah membandingkan hal-hal dibalik risalah dan pengaruhnya.

🌴 POSISI BANGSA ARAB

Menurut bahasa, arab artinya padang pasir, tanah gundul dan gersang yang tiada air dan tanamannya.

Jazirah arab luasnya kurang lebih satu juta mil kali satu juta tiga ratus ribu mil

Disebelah barat dibatasi laut merah dan gurun sinai

Disebelah timur dibatasi teluk arab dan sebagian besar negara Iraq bagian selatan.

Disebelah selatan dibatasi laut arab yang bersambung dengan lautan india

Disebelah utara dibatasi negeri Syam dan sebagian kecil dari negara Iraq

Jazirah arab memiliki peran yang sangat (more…)

Liburan?? Enaknya Menyelam di International Book Fair

Alhamdulillah ujian term satu di bangku perkuliahan sudah usai. Berkutat dengan muqarrar (diktat kuliah) selama kurang lebih sebulan setengah. Otak ini dipaksa untuk selalu bekerja. Tidak ada hari tanpa membawa buku, tidak ada hari tanpa membaca, menghafal dan memahami. Ujian di Al Azhar merupakan momen yang bisa dibilang mendebarkan. Kenapa ? Kita diharuskan membaca, memahami dan menghafal buku setebal 300 halaman. Tentu bukan dengan bahasa Indonesia. Tidak jarang beberapa mahasiswa rasib (gagal) dan mengharuskan mereka mengulang setahun lagi, yang artinya umur mereka di Mesir tambah lama. Padahal mereka yakin jawaban yang mereka tulis sesuai apa yang ada di dalam muqarrar. Sebagian yang lain, menampakkan wajah yang berseri-seri, najah (lulus). Tentunya Allah lah yang tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Saya pernah merasakan kegagalan. Menyakitkan. Tapi di titik itulah kita sebenarnya diuji. Apakah kita akan menyerah atau memperjuangkannya. Dan saya juga pernah merasakan keberhasailan. Menyenangkan, Apa yang telah kita rencanakan akhirnya terealisasi.

Akhirnya “penderitaan” ini selesai. Tidak !! Lebih tepatnya berhenti sejenak. Karena kurang tiga bulan lagi ujian term dua sudah di depan mata. Pihak universitas memberikan

(more…)

Unta Lambang Kebebasan

Allah berfirman dalam Surat al-Ghotsiyah : (أَفَلا يَنظُرُونَ إِلَى الإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ)

Di negara arab tentunya unta memiliki kedudukan dalam mengembangkan kekayaan turats dan kebudayaan. Dan unta disebut sebagai lambang kebebasan, kekuatan dan kekayaan. Sebagaimana orang arab dapat mengambil manfaatnya dari berbagai segi dan aspek. Kita tidak akan menyebut unta kecuali di benak kita mengakui bahwa unta merupakan hewan yg memiliki sifat sabar.

Para penyair arab pun menggunakan perantar unta untuk menghiasi karya fenomenal mereka. Terdapat banyak ayat Al Quran yang berbicara tentang unta dan hewan lainnya. Penisbahan unta terhadap nama Allah (نَاقَةُ اللَّهِ) merupakan sebuah kemuliaan dan keagungan tersendiri. Unta juga menjadi fenomena di masa Nabi Sholeh As. Begitu juga faktor kehancuran Kaum Tsamud dikarenakan menyembelih unta. 🙌🐪. 

 #egypt #mesir #pyramid #cairo #camel #alquran #hadits #islam #arab 

Adebayor – Mengapa Aku Memilih Islam ?

muslimdaily_2015-08-06_00-48-53

Para penggemar sepak bola Eropa tentunya tidak asing dengan Zinedine Zidane, Frank Ribery, Frederic Kanoute dan sejumlah nama lainnya ( Adnan Januzaj, Marouane Fellaini 🙂 ) . Ya itulah sebagian nama pemain sepak bola yang beragama Islam. Mereka meyakini bahwa Islam dapat memberi power dalam nafas kehidupannya. Sebut saja Frank Ribery, dia mengakui bahwa Islam adalah sumber kekuatannnya di dalam dan di luar lapangan. Terutama ketika ia sempat mengalami masa sulit dalam karir dan ia menemukan Islam yang memberi kedamaian

Baru-baru ini, mantan pemain Arsenal, Real Madrid, City telah masuk Islam.Inilah 13 alasan yang diungkapkan oleh Emmanuel Adebayor sehingga ia memutuskan untuk memeluk Islam.

IG : @e_adebayor

1 .Yesus (Nabi Isa Alaihi Salaam) mengajarkan bahwa hanya ada satu Tuhan dan hanya Tuhan yang harus disembah seperti yang diajarkan dalam Daud 6:4, Markus 12:29. Muslim juga meyakini hal ini seperti yang diajarkan dalam Al-Qur’an Surah ke 4:171.

2. Yesus (Nabi Isa Alaihi Salaam) tidak makan daging babi seperti yang diajarkan dalam Leviticus 11:7, dan Muslim juga tidak makan daging babi seperti yang diajarkan dalam ayat Al-Qur’an surah ke 6:145. (more…)

Sang Ulama

wahbah-zuhaili

Yaaa Allah air mata saya ini ngalir. Menetes. Untuk guru yg saya pernah menimba langsung ilmu darinya. Untuk guru yang pernah menyentuh kulit saya, memegang tangan saya, membelai kepala saya, mengusap rambut saya, dan memeluk saya, langsung.

Kini, beliau sudahwafat menemui Kekasihnya. Menemui Allah Jallaa Jalaaluh.
Prof DR. Wahbah az Zuhaili, penulis buanyak kitab fiqh dan kitab2 tafsir, seperti al Fiqhul Islaam wa adillatuh, sekurang2nya 23 jilid. Tafsir al Muyassar. Dan banyak lagi kitab, yg msh dipake di semua perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Mohon semua cabang2 rumah tahfidz dan pesantren2. Juga masjid2, bikin shalat ghaib u Ulama Syiria yang sangat ‘alim tapi tawadhu’ ini.

Rasanya, ga ada ulama dan ustadz ustadzah masa kini yang ga dapet keberkahan ilmunya. Baik langsung ataupun tidak langsung. Sebab kitab2 atau buku2 tulisannya, jadi rujukan perguruan2 tinggi Islam dalam dan luar negeri. Atau jurusan2 agama di berbagai perguruan tinggi negeri. Sampe yang termasyhur macam al Azhar Cairo, Madinah University, Ummul Quro Makkah, semuanya ga ada yang ga make kitab2 tulisan beliau. (more…)

Bedah Alam di Langit Mesir (2)

3. Laut Merah

Laut ini merupakan sejarah dimana nabi Musa membelah lautan ketika Raja Fir’aun mengejar nabi Musa. Terusan Suez menghubungkan Laut Merah (Mesir) dengan Laut Mediterania. Oh ya walaupun dinamai dengan Laut Merah bukan berarti lautnya warnanya merah, bukan :D. Sebenarnya sama seperti laut pada umumnya yang berwarna biru, kecuali ada orang yang nuangin tinta merah sebesar kapal Titanic, nah itu beda cerita hhe.

Seorang aATD_7827hli fisika dari Universitas Cambridge yang bernama Collin Humphreys yang juga seorang penulis The Miracle of Exodus mencoba memecahkan pertanyaan tersebut. Dia meakukan penjelajahan ke pusat Teluk Aqabah dan faktanya laut tersebut justru tidak berwarna merah melainkan berwarna biru sama seperti laut yang lainnya.

Dalam proses penelitian tersebut, dia menemukan sekumpulan alang-alang yang tumbuh subur berkat keberadaan air tawar disekitar tempat tersebut. Alang-alang dalam bahasa Inggris disebut dengan reed, tapi masyarakat setempat mengucapkannya red (merah). Karena keberadaan alang-alang tersebut di laut, maka dinamakanlah red sea (Laut Merah), padahal seharusnya the reed seas (Lautan Alang-alang).

Dalam pendapat lain, laut itu disebut dengan Laut Merah dikarenakan terkadang dipenuhi oleh bunga ganggang Cyanobacteria yang disebut Trichodesmium Erythaerum. Nah, setelah tanaman ini mati biasanya air laut berubah menjadi cokelat kemerahan. Tapi, dikarenakan warna tersebut tidak betul-betul melekat dengan air di seluruh lautan luas, maka tingkat kemerahannya bervariasi tergantung banyak atau tidaknya ganggang tersebut. (more…)

Teka Teki Kehidupan

Hidup manusia itu layaknya sperti teka teki petak umpet, kadang di mata kita benar tapi persepsi orang lain halnya. Pujian, hinaan, penghargaan, hinaan, kalah, menang merupakan serentetan kronologi peristiwa. Tiap person pun berhak mnentukan “destiny” -nya masing. Layaknya teori permainan catur : Have a plan. Every move should have a purpose. Hiasan kehidupan bukanhanya ditentukan dgn momen yg spesial semata, momen yang buruk pun akan menjadi lebih spesial dan sensasi jika kita bisa introspeksi diri

Penyakit Hati

10460118_10202325285281836_8865655598684785707_n

Concentrate on ” I pray 5 times a day !! “.

Gengsi. Salah satu ‘penyakit hati’ yang banyak dialami oleh jajaran pemuda/i zaman modern kini. Beberapa orang menganggap orang yang tidak mempunyai hape berbasis android atau Iphone dianggap ketinggalan zaman. Seakan teknologi merupakan syarat orang itu mampu bersaing dan berjuang demi kehidupan ini. Ingatlah kawan, jalan kesuksesan seseorang bukan diukur dengan teknologi yang canggih tetapi ketakwaanlah yang menjadi tolak ukur apakah orang itu sukses dihadapan Allah Ta’ala. Jangan biarkan alat teknologi ” I Phone 5 ” membuat kita lupa untuk ” Pray 5 Times “.