Asides

Liburan?? Enaknya Menyelam di International Book Fair *Part2

Di uzbekiya inilah kita bisa mendapatkan “mutiara” buku

Itulah yang saya senangi di setiap momen. Gratisan. Namanya mahasiswa, memperjuangkan hidup dengan sebaik mungkin, walau hanya sekadar mencari gratisan. Seperti biasa kita mengantre sebelum memasuki area Book Fair. Antrean di Mesir merupakan antrean yang sangat membosankan. Kadang sebagian mereka menyerobot tanpa memperdulikan hak orang lain. Menyebalkan. Sering saya mengelus dada melihat tingkah laku mereka. Seakan genggaman tanganku ingin mendarat ke muka mereka. Mungkin mereka merasa tempat ini adalah milik mereka lantas berbuat semena-mena. Tapi apakah kita pantas diperlakukan demikian ? Saya rasa tidak. Hidup punya aturan meen. Antre ya antre.

Udara dingin menemani langkahku mengitari (more…)

Advertisements

Kiat Sebelum Menulis

 

scrivere-il-tema
Menulis merupakan sebuah proses mengeluarkan sebuah ide ataupun unek-unek di dalam fikiran. Tak jarang sebuah tulisan mampu mengubah perilaku orang lain menjadi lebih baik. Itulah keajaiban kata-kata. Menulis juga bisa berbuah pahala apabila tulisannya memberi manfaat bagi orang lain. Sarana dakwah pun salah satunya dengan perantara tulisan. Sebelum kia menulis ada beberapa kiat yang bisa dilakukan.
1. Coret-coret dikertas
Kalau kamu bingung mau mulai nulis darimana, silahkan kamu ambil kertas. Lalu tuliskan apa yang ingin kamu tulis. Biarkan tulisan itu abstrak terlebih dahulu, jangan terlalu berfokus pada hasil yang bagus jika kamu tidak berani menikmati sebuah proses dalam hal menulis. Biarkan ide itu keluar tanpa sebuah paksaan. Ingat proses editing dalam hal menulis itu belakangan, kamu cukup menuliskan apa yang ada dipikiran kamu saat ini saja. Agar ide itu tidak hilang arah.
2. Membaca buku
Membaca buku bisa menjadi referensi kamu untuk menemukan ide. Ingat: ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Menulis dan membaca itu sepasang. Jika ingin menjadi seorang penulis maka kamu harus banyak membaca, supaya memiliki wawasan yang luas, dapat mengembangkan bahasa menjadi sebuah cerita yang dapat disampaikan dan dinikmati para pembaca.
3. Blog walking
Belajarlah dari tulisan orang lain. Jangan egois menganggap bahwa tulisan kita sudah benar. Karena orang hebat dan sukses hanyalah mereka yang mau terus belajar walaupun ilmu mereka sudah banyak. Jangan berhenti untuk belajar dari pengalaman orang lain, coba kunjungi blog atau tulisan orang lain. Pelajari dan ambil hikmah dari setiap kata demi kata yang dituliskannya. Jadikan sebagai bahan pembelajaran dan penemuan ide baru untuk mengembangkan tulisan. (more…)

Siapakah Orang Terkaya di Dunia ??

Hey guys did you know ??
Tiga besar orang yang terkaya di dunia itu siapa ?

3. Carlos Slim Helu
2. Bill Gates
Loh lantas yang peringkat pertama siapa ?!
1. Orang yang melaksanakan 2 rakaat shalat sunnah fajar. Kok bisa ? Apa buktinya ?
Nabi Muhammad SAW bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua rakaat (sebelum shalat) fajar (subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725)

GORAP Method

Pernahkah kita mendengar seseorang bertanya seperti ini ??

– Mengapa orang muslim memukul istrinya sendiri ?

– Mengapa orang muslim itu teroris ?

– Mengapa kamu memaksa saya untuk menerapkan hukum syariah ?

Ada banyak cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan2 tersebut. TETAPI ada BANYAK cara yang lebih efektif untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Banyak orang muslim menghabiskan waktu satu jam atau lebih untuk menjawab pertanyaan tersebut dan hasilnya pun nihil. Yang menjadi poin masalah disini adalah METODE yang kurang tepat. Kita akan terjebak dan terjatuh karena argumen2 yang tidak masuk akal dan lain sebagainya. Lalu … Apa yang seharusnya kita lakukan ?

Kita gunakan GORAP Method (Metode GORAP). Kita mengenalkan pondasi2 Islam sehingga mereka paham cara pandang kita. Jadi mereka akan paham mengapa kita melakukan apa yang telah kita lakukan di dalam ajaran Islam. GORAP adalah struktur dakwah kita. Apa itu ?

– Gods existence (Keberadaan Allah)

– Oneness (Allah itu satu)

– Revelation (Wahyu)

– And

– Prophethood (Kenabian)

Contoh : Michael : Mengapa kamu menutupi rambutmu, bukankah itu membuatmu terasa ‘terkurung’ mengenakan pakaian tersebut ? (more…)

Bentengi Virus ‘Dunia’dengan Antivirus ‘Akhirat’

Sobat semua penggemar Sepak Bola Premier League Inggris ??? Ga usah repot-repot beli tiket pesawat tinggal tekan channel remote kita sudah menikmati aura bola Inggris yang begitu eksotis. Memang teknologi seakan-akan menjadi “obat mujarab” dari segala ketidakmungkinan menjadi mungkin. “Cz, nothing is impossible !” . Bukan suatu jaminansegala kebutuhan bisa terpenuhi dgn teknologi layaknya kantong ajaib si master dorayaki, tapi teknologi hanya sekedar memudahkan bukan untuk didewakan. Karena teknologi bisa berubah menjadi virus ‘dunia’ yang menjangkit keimanan kita. Nah kita butuh banget metode-metode agar teknologi membuahkan manfaat bukan madharat, memproduksi pahala bukan dosa, so kebet aja langsung ulasan fakta n data berikut . Check this Out .. !!

Warning 1 : Internet Addict

Pada tau ga ?? David Greenfield seorang psikologi dari Negeri Paman Sam mengemukakan sekitar 6% dari para user internet terserang virus “amnesia” terhadap waktu. Saking asyiknya mereka berinternet ria sampai-sampai lupa sama waktu. Bermain tentu boleh, asal tau waktu. Sahabat Ali bin Abi Thalib pun juga pernah berkata : ‘Hiburlah hati kalian barang sebentar saja’. Mereka yang terkena jebakan internet addict ini mayoritas mendapat kepuasan yang tidak mereka dapatkan di dunia nyata. Mereka terkena jaring-jaring aktifitas negatif seperti judi atau sex online. Na’udzubillah min dzalik . So Hazardous !! (more…)

KALAH berarti ‘Awal Kebangkitan’

IMG_20150302_164331

Tapi perjuangan kami belum pupus, walaupun pulang dengan hasil seri masih ada harapan pertandingan selanjutnya untuk meraup poin penuh. Hari pun silih berganti menunjukkan pergantian malam dan siang. Sungguh Allah menciptakan alam seisinya dengan segala rahasia yang terpendam. Hanya orang2 yang berilmu lah yang dapat mengetahui maksud dari penciptaan malam dan siang. Semua punggawa beranjak dari tempat duduk mereka, mempersiapkan atribut sepak bola. Sebagian menggerak-gerakkaan kepala,memutar-mutar badan, duduk termenung mengharap poin penuh, ada sebagian mengkonsumsi suplemen berupa pisang dan jeruk dan itu (pasti) saya :D. Udara pun bersahabat di pagi ini hingga tubuh kita merasa nyaman sembari menyongsong kemenangan perdana. Lawan kita yaitu KMB (Banten). Setelah melakukan warming-up (pemanasan) semua skuad berkumpul mendengarkan petuah dari pak manager. Sorotan tajam seluruh punggawa Walisongo menunjukkan tekad untuk meraup hasil maksimal. Doa bersama pun sudah menggema di arena pertandingan. Kepalan  tangan para punggawa sudah terpusat pada satu titik. Saling erat, saling padu, dengan tekad yang menggebu. WALISONGO !! YOO. Para pemain memasuki pos2 mereka. Kiper di dekat gawang dengan ditemani anak gawang yang jobnya ngambilin bola muntah hehe, gitu2 pekerjaan mulia. Siapa coba kalo ga ada yang mau ngambilin bola ?? Itulah tugas mulia mereka. Patut kita apresiasi.Dan kalo bisa nih FIFA membuat penghargaan bagi para anak gawang supaya mereka merasa diperhatikan. Ga cuma pemain aja yang pengen diperhatkan, anak gawang juga perlu hehe. Teng ,, tong …!! Eh salahh. Priiit !!! Peluit pertama tanda pertandingan baru saja dimulai. Seperti biasa kedua kubu saling memperebutkan si kulit bundar. Suara penonton tumpah ruah memadati isi stadion. Tanpa membutuhkan banyak waktu kami pun unggul lewat tendangan penalty setelah tangan lawan mencium si kulit bundar. Setelah itu momentum pun sudah bisa kami dapatkan. Dengan munguasai ball possession Walisongo FC merobek jala lawan dengan skor akhir 4-0. Alhamdulillah akhirnya kemengan sudah teraih. Puji syukur kehadirat Allah pun tak lupa kita sematkan dalam doa. Senyum ceria pun terlihat di  wajah para supporter dan skuad. (more…)

Jawa Cup Mesir : ‘Panggilan’ yang terjawab

Pamflet IIIAssalamu’alaikum guys .. Tulisan kali ini ane mau membahas tentang dunia bola *tau bola kan ya ? itu lo yang suka berpetualang lantas menemukan berbagai inovasi di dunia luar 😀 (bolang kui mbaah). Di taun 2015 kali ini alhamdulillah sy tergabung dalam sebuah tim yang bernama Walisongo FC. Oh ya bagi yang belum tahu sy mau berkisah sedikit profil tim Walisongo FC. Jadi gini,di Mesir sy terdaftar sebagai anggota KSW (Kelompok Studi Walisongo). KSW merupakan sebuah kekeluargaan yang dihuni oleh para pelajar dan mahasiswa dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nah ceritanya guys, Walisongo FC ini merupakan klub kebanggaan warga KSW yang notabenenya merupakan tim di ajang perhelatan Jawa Cup. Jawa Cup ini diikuti oleh sejumlah tim dari Jawa dan Madura. Kualitas dari Tim Walisongo FC  ga perlu diragukan lagi mas bro dan mb broo. Kok bisa ? apa sih yang ga bisa di dunia ini hehe. Selama Allah berkehendak apapun yang ada di dunia ini bisa terjadi.  Dari 9 kali perhelatan Jawa Cup yang digelar di kalangan Masisir (Mahasiswa Indonesia yang berada di Mesir), KSW sukses ‘mecuri’ 8 trophy meen masyaa allah. Sayang pada turnamen Jawa Cup III, prestasi KSW sedikit ‘ternodai’ karena hanya bisa duduk di posisi runner-up. Uniknya lagi nih sobat semua, Walisongo FC mempunyai pasukan yang loyal mendukung tim kesayangannya. Mau tau namanya ? jangan kaget ya pas denger. Tarik napas dulu yang dalam dari hidung, hembuskan lewat telinga .. upps salaaah, lewat mulut maksudnya. Jreeeng .. Laskar Semar Mendem. Yap itulah nama yang tersemat bagi para supporter tim Walisongo FC. (more…)