Bedah Alam di Langit Mesir (2)

3. Laut Merah

Laut ini merupakan sejarah dimana nabi Musa membelah lautan ketika Raja Fir’aun mengejar nabi Musa. Terusan Suez menghubungkan Laut Merah (Mesir) dengan Laut Mediterania. Oh ya walaupun dinamai dengan Laut Merah bukan berarti lautnya warnanya merah, bukan :D. Sebenarnya sama seperti laut pada umumnya yang berwarna biru, kecuali ada orang yang nuangin tinta merah sebesar kapal Titanic, nah itu beda cerita hhe.

Seorang aATD_7827hli fisika dari Universitas Cambridge yang bernama Collin Humphreys yang juga seorang penulis The Miracle of Exodus mencoba memecahkan pertanyaan tersebut. Dia meakukan penjelajahan ke pusat Teluk Aqabah dan faktanya laut tersebut justru tidak berwarna merah melainkan berwarna biru sama seperti laut yang lainnya.

Dalam proses penelitian tersebut, dia menemukan sekumpulan alang-alang yang tumbuh subur berkat keberadaan air tawar disekitar tempat tersebut. Alang-alang dalam bahasa Inggris disebut dengan reed, tapi masyarakat setempat mengucapkannya red (merah). Karena keberadaan alang-alang tersebut di laut, maka dinamakanlah red sea (Laut Merah), padahal seharusnya the reed seas (Lautan Alang-alang).

Dalam pendapat lain, laut itu disebut dengan Laut Merah dikarenakan terkadang dipenuhi oleh bunga ganggang Cyanobacteria yang disebut Trichodesmium Erythaerum. Nah, setelah tanaman ini mati biasanya air laut berubah menjadi cokelat kemerahan. Tapi, dikarenakan warna tersebut tidak betul-betul melekat dengan air di seluruh lautan luas, maka tingkat kemerahannya bervariasi tergantung banyak atau tidaknya ganggang tersebut.

4. Sungai Nil

Sungai terpanjang di dunia. 20121101_010012Dan sebagai saksi sejarah dimana nabi Musa dihanyutkan di sungai ini. Saat pertama kali datang ke Mesir, sungai nil merupakan suguhan utama yang disajikan kakak kelas saya.

*Pemandangan Sungai Nil malam hari diatas kapal*

Kalau di siang hari mungkin view-nya tidak begitu menarik karena tertutupi kebisingan kota Kairo yang dipenuhi lalu lalang kendaraan. Waktu malam lah saat paling tempat untuk menjamu sungai nil dengan gemerlap lampu yang eksotis. Kapal-kapal sudah stand by di mulut sungai Nil mencari sasaran penumpang yang ingin mengitari kemegahan sungai ini. Dan sungai ini sebagai sumber air utama yang digunakanan warga Mesir untuk dikonsumsi. Sampai restoran-restoran megah pun hanya mengambil air mentah dari keran untuk disuguhkan para konsumen, yang tidak lain adalah ari nil. Awalnya emang terasa aneh tapi lama kelamaan tubuh ini bisa beradaptasi

5. Luxor

Merupakan sebuah kota modern yang terletak di kedua tepi timur dan barat Sungai Nil di Mesir bagian utara. Dibangun di bekas lokasi Thebes, ibu kota Mesegypt_luxor_holidayir kuno yang terkenal (2052 SM). Raja-raja Firaun memerintah di sini, menciptakan peradaban yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya. Karena belum pernah kesana saya ga bisa mendiskripsikan tempat ini. Bayari dulu entar saya certain dah 😀

6. Gunung Sinai

Di gunung inilah Nabi Musa mendapat wahyu dari Allah. Pada waktu musim dingin biasanya gunung ini diselimuti salju. Gunung ini berhasil saya injak di tahun pertama saya di Mesir dan tanpa modal alias gratisan, Alhamdulillah :).

ATD_7668

*Bersama teman2 mahasiswa program sandwich di hamparan Gunung Sinai

Awalnya saya menolak ajakan kakak kelas saya yang juga sekamar dgn saya. Halah ngapain ke gunung malah capek doang yang didapat. Tapi setelah menerima rekomendasi dari teman sekamar saya akhirnya saya putuskan untuk ikut. Faktor lainnya ya gratisan itu hhe. Perjalanan saya ke Sinai bukan tanpa sebab. Ternyata perjalanan ini melibatkan para mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani acara ‘sandwich’. Mereka dikirim beberapa bulan untuk observasi dan mengakaji kebudayaan Timur Tengah. Beberapa diantara mereka berasal dari UGM, UNS, dan lain-lain. Perjalanan ke Sinai ternyata memakan waktu cukup lama hampir setengah hari terjebak di antara kursi-kursi bis. Setelah tiba di lokasi ternyata hanya gurun yang bisa diliATD_7679hat oleh kelopak mata. Karena bertepatan dengan musim dingin, perjalanan untuk ke puncak menambah gairah serta semangat yang menggebu. Biasanya gunung ini diselimuti salju tapi pas saya kesana saljunya malu-malu dengan kehadiran kita.

*Bersama teman2 mahasiswa program sandwich di depan patung Samiri 

Mungkin karena saya terlalu kece kali ya ??. Di lokasi ini juga saya pertama kalinya melihat onta yang diparkir di tepi gunung. Sejumlah lokasi yang sempat kita kunjungi berupa patung Samiri. Kisah Samiri ini termaktub di kitab suci Al-Qur’an.

“Maka sesungguhnya Kami telah menguji kaummu sesudah kamu tinggalkan, dan mereka telah disesatkan oleh Samiri.” (Thaha: 85)

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengisahkan tentang ujian-Nya kepada bani Israil. Mereka diuji dengan patung anak sapi ciptaan Samiri yang terbuat dari emas. Akhirnya sebagian dari mereka pun tersesat mengikuti ajakan Samiri menyembah berhala tersebut. Wallahu A’lam

7. Sharm el Sheikh

Setelah puas mendaki gunung Sinai, saat perjalanan pulang kita sempatkan ke Sharm el-Sheikh. Wahana ini bagaikan surga wisata air yang bisa dinikmati sharm-el-sheikh_2475584bpara pengunjung. Sebut saja snorkeling, diving, selancar, bola pantai dll. Suasananya persis seperti di Eropa sonoh. Faktor ini lah yang membuat diri saya ‘ga betah’ dengan pemandangan seperti ini. Akhirnya sebagian rombongan memutuskan untuk balik ke pintu utama sembari menunggu rombongan lain memuaskan hasrat mereka dengan keindahan pantai  Sharm el Sheikh.

8. Masjid Al- Azhar

20141207_154045

 

Tempat terakhir yang paling sering dikunjungi oleh warga Indonesia tidak lain yaitu masjid Al Azhar. Masjid Al Azhar merupakan masjid tertua di dunia dan merupakan awal mula peradaban Islam di dunia. Khusus Masjid Al Azhar ada edisi khusus.  (To be continued )

Bagi yang belum membaca “Bedah Alam Mesir Part 1” bisa klik link di bawah

https://repenttoallah.wordpress.com/2015/03/19/bedah-alam-di-mesir/

 

 

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s