Walking around the world : Citadel of Shalahuddin al Ayyubi 

​Waktu senggang kali ini, saya sempatkan untuk mengunjungi salah satu masjid bersejarah yaitu Masjid Muhammad Ali Pasha. Panas matahari yang lumayan terik menemani langkahku menikmati keindahan panorama masjid ini.

Masjid yang lokasinya tepat di atas Benteng Sholahuddin Al Ayyubi. Sholahuddin mendirikan benteng ini antara tahun 1176 dan 1183 M, beberapa tahun setelah mengalahkan Dinasti Fatimiyah. Pendiriannya dimaksudkan untuk membendung dan melindungi Mesir dari tentara Salib.

Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Alabaster karena dinding masjid ini dilapisi alabaster, salah satu batu jenis marmer. Rekonstruksi Masjid Muhammad Ali Pasha dimulai pada tahun 1830 atau sekitar tujuh abad setelah berdirinya Citadel dan selesai tahun 1848.

Masjid ini mempunyai dua menara yang menjulang tinggi nan runcing mengapit kubah-kubah kecil, mengadopsi gaya Ottoman. Bagian kubahnya dibuat megah dan tinggi, mirip dengan Masjid Aya Sofia di Istanbul, Turki.

Perjalanan saya terhenti ketika dua orang satpam melarang saya untuk memasuki area gerbang utama menuju masjid. Bukan karena kita membawa bekal makanan terlalu banyak atau tidak mempunyai tiket masuk, akan tetapi disebabkan waktu kunjungan yg sudah habis. Karena masjid ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Saya aja datangnya jam 6 sore, gimana ga dilarang 😂. Soalnya jam 6 sore saat musim panas, kaya masih jam 3 sore. Akhirnya hanya bisa menyempatkan dokumentasi di bagian belakang benteng. *To be continued . . .

🐪 #egypt #mesir #citadel #cairo #arab #advanture #masjid #alipasha #travel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s