Mendikbud Baru

13876359_10206890240562865_9195816763209456196_n

Bersama Prof. Dr. Muhadjir Effendy (Jajaran Ketua PP Muhammadiyah & mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang

Selamat kepada Pak Muhadjir Effendy yang diamanahi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menggantikan Anies Baswedan. Semoga bisa menjalankan kinerja dan amanah dengan baik.

Selain menduduki jabatan sebagai rektor di UMM sebanyak 3 kali periode, 2000-2004, 2004-2008, 2008-2016, beliau juga menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020.

Beliau meraih gelar sarjana di IKIP Malang tahun 1982, kemudian merengkuh gelar Magister di UGM Jogja tahun 1996, dan melanjutkan hingga jenjang doktor di Universitas Airlangga (Unair).

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan bahwa pengangkatan Muhadjir sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu, 27 Juli 2016, bukan representasi dari Muhammadiyah secara kelembagaan. Artinya, Muhammadiyah tidak pernah mengejar jabatan menteri apapun. Namun ketika diberi amanah, Muhammadiyah bersedia melepas kader-kader terbaiknya untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan.

“Sejak awal, kader Muhammadiyah siap berkiprah di mana saja dalam ranah kebangsaan. Kalau ada kader Muhammadiyah yang diberi amanah itu, kami maknai sebagai bentuk komitmen tokoh Muhammadiyah untuk berbuat bagi bangsa dan negara. Muhammadiyah akan memberikan dukungan bagi kadernya,” ujar Mu’ti.

Sedikit cerita kawan. Sekitar 4 bulan yang lalu, tepatnya pada hari Senin, 21 Maret 2016 pukul 9.00 waktu setempat, rombongan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Aisyiyah tiba di Bandara Internasional Kairo. Kunjungan ini guna menghadiri acara Musyawarah Cabang (MUSCAB) yang diselenggarakan oleh PCIM Mesir, Turki, dan Tunisia.

Selain menghadiri rangkaian Musyawarah Cabang 6 (MUSCA6) PCIM Mesir, rombongan PP Muhammadiyah juga akan mengunjungi Grand Syekh al-Azhar, Prof. Dr Ahmad al-Thayyib yang beberapa waktu lalu berkunjung ke tanah air. “Dulu, PP Muhammadiyah pernah memiliki MoU dengan al-Azhar, semoga MoU tersebut bisa dihidupkan kembali.”

Nah salah satu rombongannya adalah  Prof. Dr. Muhajir Effendi (Jajaran Ketua PP Muhammadiyah). Dalam suatu kesempatan, kita (anggota PCIM Mesir) mengadakan obrolan santai bersama anggota PP Muhammadiyah di Markaz Dakwah PCIM Mesir. Obrolan asyik, nyantai tapi sarat dengan hikmah dan pelajaran. Sejauh yang saya amati dari Pak Effendy, beliau tegas, berfikir mantap, dan sangat suka bercerita dan ngobrol. Jadi hampir seluruh waktu habis untuk mendengarkan beliau. Tapi asyik. Satu hal yang membuat saya kagum dari beliau adalah kekagumannya terhadap sosok Sir Alex Ferguson yang merupakan pelatih legendaris Manchester United. Jadi istilahnya, saya satu satu fikroh (pemikiran) dengan beliau 😀  karena sy fan MU.  Beliau mengakui bahwa Sir Alex Furguson (SAF) jitu dalam meracik strategi, formasi, dan bisa mengembangkan bakat anak asuhnya. Sebut saja David Beckham, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney dsb.

Sekali lagi selamat menjalankan amanah dengan baik, tulus dan sungguh-sungguh. Saya juga pecaya Beliau akan tetap rendah hati serta penuh pengkhidmatan sebagaimana biasanya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s