Kiat Sebelum Menulis

 

scrivere-il-tema
Menulis merupakan sebuah proses mengeluarkan sebuah ide ataupun unek-unek di dalam fikiran. Tak jarang sebuah tulisan mampu mengubah perilaku orang lain menjadi lebih baik. Itulah keajaiban kata-kata. Menulis juga bisa berbuah pahala apabila tulisannya memberi manfaat bagi orang lain. Sarana dakwah pun salah satunya dengan perantara tulisan. Sebelum kia menulis ada beberapa kiat yang bisa dilakukan.
1. Coret-coret dikertas
Kalau kamu bingung mau mulai nulis darimana, silahkan kamu ambil kertas. Lalu tuliskan apa yang ingin kamu tulis. Biarkan tulisan itu abstrak terlebih dahulu, jangan terlalu berfokus pada hasil yang bagus jika kamu tidak berani menikmati sebuah proses dalam hal menulis. Biarkan ide itu keluar tanpa sebuah paksaan. Ingat proses editing dalam hal menulis itu belakangan, kamu cukup menuliskan apa yang ada dipikiran kamu saat ini saja. Agar ide itu tidak hilang arah.
2. Membaca buku
Membaca buku bisa menjadi referensi kamu untuk menemukan ide. Ingat: ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Menulis dan membaca itu sepasang. Jika ingin menjadi seorang penulis maka kamu harus banyak membaca, supaya memiliki wawasan yang luas, dapat mengembangkan bahasa menjadi sebuah cerita yang dapat disampaikan dan dinikmati para pembaca.
3. Blog walking
Belajarlah dari tulisan orang lain. Jangan egois menganggap bahwa tulisan kita sudah benar. Karena orang hebat dan sukses hanyalah mereka yang mau terus belajar walaupun ilmu mereka sudah banyak. Jangan berhenti untuk belajar dari pengalaman orang lain, coba kunjungi blog atau tulisan orang lain. Pelajari dan ambil hikmah dari setiap kata demi kata yang dituliskannya. Jadikan sebagai bahan pembelajaran dan penemuan ide baru untuk mengembangkan tulisan.
4. Berdiskusi
Biasanya ide mengalir ketika kita sudah bertukar pikiran dengan orang lain. Berdiskusilah dengan teman, saudara atau siapapun agar ide yang muncul dapat mengalir begitu saja. (Hal ini biasa saya lakukan ketika saya kekurangan ide untuk menulis)
5. Wudhu lalu sholat
Tanpa disadari inspirasi datangnya dari sang Maha Pencipta, berdoalah kepadaNya. Mintalah petunjuk agar dipermudah segalanya dan dilancarkan dalam menulis dan menemukan ide baru untuk menulis.
Sumber : FUA
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s