GORAP Method

Pernahkah kita mendengar seseorang bertanya seperti ini ??

– Mengapa orang muslim memukul istrinya sendiri ?

– Mengapa orang muslim itu teroris ?

– Mengapa kamu memaksa saya untuk menerapkan hukum syariah ?

Ada banyak cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan2 tersebut. TETAPI ada BANYAK cara yang lebih efektif untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Banyak orang muslim menghabiskan waktu satu jam atau lebih untuk menjawab pertanyaan tersebut dan hasilnya pun nihil. Yang menjadi poin masalah disini adalah METODE yang kurang tepat. Kita akan terjebak dan terjatuh karena argumen2 yang tidak masuk akal dan lain sebagainya. Lalu … Apa yang seharusnya kita lakukan ?

Kita gunakan GORAP Method (Metode GORAP). Kita mengenalkan pondasi2 Islam sehingga mereka paham cara pandang kita. Jadi mereka akan paham mengapa kita melakukan apa yang telah kita lakukan di dalam ajaran Islam. GORAP adalah struktur dakwah kita. Apa itu ?

– Gods existence (Keberadaan Allah)

– Oneness (Allah itu satu)

– Revelation (Wahyu)

– And

– Prophethood (Kenabian)

Contoh : Michael : Mengapa kamu menutupi rambutmu, bukankah itu membuatmu terasa ‘terkurung’ mengenakan pakaian tersebut ?

Aisya : Saya sangat paham mengapa kamu bertanya soal hal tersebut. Dulu aku berfikir sama mengapa perempuan mengenakan jilbab ketika aku tidak memakainya. Dan aku menghargai atas pertanyaanmu. Michael, sesuatu yang harus kamu pahami mengapa perempuan itu berhijab adalah kamu HARUS tahu dulu pondasi-pondasi di dalam Islam. Punyakah kamu waktu 5 menit untuk menjelaskan pondasi tersebut kepadamu ?

Dari sinilah Aisya dapat langsung menjelaskan tentang prisnsip ajaran islam (akhlak, tauhid dsb) daripada melakukan debat kusir yang tiada habisnya.

Source : Mission Dawah by Haroon Quresh

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s